Sabtu, 18 Februari 2012

Tutorial Instalasi Windows 7

Pada kesempatan kali ini saya akan mengupas tuntas masalah instal-menginstal(baca: pasang) sistem operasi. Namun pembahasan dibatasi hanya mengenai Windows 7. Tutorial ini saya buat karena melihat masih banyaknya orang yang belum bisa menginstal OS di komputer/laptopnya sendiri. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Sebelum instalasi:
    1. Masuk ke BIOS (Basic Input Output System), yaitu dengan cara menekan "Delete" atau "F2"(masing-masing komputer dan laptop berbeda, untuk lebih jelas baca buku manual komputer atau laptop) setelah komputer dihidupkan.
    2. Masuk ke bagian / tab "Boot".
    3. Ganti "Boot Priority Order"(setiap BIOS pasti berbeda, tapi intinya adalah perangkat/hardware yang pertama kali dibaca komputer) dari Hard disk(HDD) menjadi Optical drive(ODD).
    4. Masukkan CD master Windows 7 ultimate ke CD/DVD ROM, kemudian tekan F10 di keyboard

  • Proses instalasi
    1. Setelah restart tunggu sampai muncul tulisan “Press any key to instal from CD/DVD …”. setelah itu tekan sembarang tombol, sehingga komputer akan melakukan proses booting lewat DVD ROM. Tunggu sampai terlihat gambar dibawah ini :
    2. Aturlah Format Bahasa, waktu, mata uang dan jenis keyboard yang digunakan, misalkan disini kita menggunakan format waktu dan mata uang Indonesia :
    3. Kemudian klik Next untuk melanjutkan proses instalasi. Sehingga akan muncul tampilan pada gambar di bawah ini :
    4. Klik tombol install now untuk melanjutkan proses instalasi. Sehingga akan muncul gambar seperti di bawah ini :
    5. Tunggu proses loading sampai terlihat proses selanjutnya. Ceklis chekbox yang tertuliskan “I accept the license terms”, setelah itu klik tombol Next untuk melanjutkan proses instalasi Seperti terlihat gambar di bawah ini :
    6. Setelah itu masuk ke proses selanjutnya. Karena ini adalah proses instalasi dari komputer yang belum terinstal sistem operasi windows, maka pilih bagian Custom. Jika memilih Upgrade berarti mengupgrade sistem operasi windows versi lama ke windows 7 Seperti gambar di bawah ini :
    7. Karena komputer yang digunakan adalah baru, maka biasanya hanya terdapat 1 partisi hardisk. Minimal untuk instalasi windows 7 adalah 20 GB. Karena hardisk yang digunakan adalah 20GB jadi hardisk tidak perlu dipartisi. Klik next untuk melanjutkan proses instalasi Seperti gambar di bawah :
    8. Tunggu sampai windows selesai proses instalasi. Jika telah selesai, maka komputer akan merestart sistem. Setelah beres Windows 7 Ultimate telah terinstall dan tinggal dilakukan proses konfigurasi
    9. Setelah komputer merestart maka komputer akan melakukan proses konfigurasi awal dulu sebelum dapat digunakan. Untuk konfigurasi pertama adalah konfigurasi Username (Nama Pengguna) dan Computer Name (Nama Komputer), masukkan sesuai dengan yang anda suka. Setelah itu klik tombol Next. Seperti gambar di bawah :
    10. Setelah itu masukkan password yang akan digunakan untuk Username tersebut. Jika tidak akan menggunakan password maka tinggal klik Next saja
    11. Setelah itu masukkan Serial Number Windows 7 yang tertera pada Cover DVD Windows 7 Ultimate. Jika anda menggunakan versi trial, anda tidak perlu memasukan produk key, cukup klik tombol Next
    12. Pilih pengaturan use recommended settings atau sesuai dengan yang anda inginkan
    13. Setelah itu atur waktu sesuai dengan waktu saat ini. Setelah selesai klik tombol Next
    14. Setelah itu windows selesai melakukan proses konfigurasi, tunggu hingga windows mempersiapkan desktop untuk Username yang anda buat sebelumnya
    15. Sekarang anda telah berhasil menginstall Windows 7 Ultimate. Selamat menggunakan.
    16. thx

0 komentar:

Poskan Komentar

ti2

Kontak Jodoh